Cara Membuat XML Sitemap di WordPress dengan Mudah

XML Sitemap
XML Sitemap

Apakah Anda bertanya-tanya apa itu XML Sitemap, dan bagaimana cara menambahkannya ke situs web WordPress Anda?

XML Sitemap membantu mesin pencari dengan mudah menavigasi konten situs web Anda. Ini memberi mereka daftar semua konten Anda dalam format yang dapat dibaca mesin. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu XML Sitemap, dan bagaimana cara dengan mudah membuat peta situs di WordPress.

Apa itu XML Sitemap?

XML Sitemap adalah file yang mencantumkan semua konten situs web Anda dalam format XML, sehingga mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah menemukan dan mengindeks konten Anda. Kembali pada awal 2000-an, situs web pemerintah dulu memiliki tautan di halaman utama mereka, berjudul ‘Peta Situs’. Halaman ini biasanya berisi daftar semua halaman di situs web itu.

Sementara beberapa situs web masih memiliki peta situs HTML saat ini, penggunaan peta situs secara keseluruhan telah berkembang. Sitemap hari ini diterbitkan dalam format XML alih-alih HTML, dan audiens target mereka adalah mesin pencari dan bukan orang.

Pada dasarnya, XML Sitemap adalah cara bagi pemilik situs web untuk memberi tahu mesin pencari tentang semua halaman yang ada di situs web mereka. Ini juga memberi tahu mesin pencari tautan mana di situs web Anda yang lebih penting daripada yang lain, dan seberapa sering Anda memperbarui situs web Anda.

Meskipun XML Sitemap tidak akan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, mereka memungkinkan mesin pencari untuk meng-crawl situs web Anda dengan lebih baik. Ini berarti mereka dapat menemukan lebih banyak konten dan mulai menunjukkannya dalam hasil pencarian sehingga menghasilkan lebih banyak lalu lintas pencarian, dan peningkatan peringkat SEO.

Mengapa Anda Membutuhkan XML Sitemap?

Sitemap sangat penting dari sudut pandang pengoptimalan mesin pencari (SEO). Cukup menambahkan peta situs tidak mempengaruhi peringkat pencarian. Namun, jika ada halaman di situs Anda yang tidak diindeks, maka Sitemap memberi Anda cara untuk memberi tahu mesin pencari tentang halaman itu.

Sitemap sangat berguna untuk ketika Anda pertama kali memulai blog atau membuat situs web baru karena sebagian besar situs web baru tidak memiliki backlink. Ini mempersulit mesin pencari untuk menemukan semua konten mereka.

Inilah sebabnya mengapa mesin pencari seperti Google dan Bing memungkinkan pemilik situs web baru untuk mengirimkan Sitemap di alat webmaster mereka. Ini memungkinkan bot mesin pencari mereka untuk dengan mudah menemukan dan mengindeks konten Anda.

Sitemap juga sama pentingnya untuk situs web populer yang dibuat. Mereka memungkinkan Anda untuk menyoroti bagian mana dari situs web Anda yang lebih penting, bagian mana yang lebih sering diperbarui, dll, sehingga mesin pencari dapat mengunjungi dan mengindeks konten Anda sesuai. Meskipun demikian, mari kita lihat cara membuat Sitemap di WordPress.

Bagaimana cara membuat Sitemap di WordPress?

Ada beberapa cara untuk membuat XML Sitemap di WordPress. Kami akan menunjukkan kepada Anda tiga metode populer untuk membuat peta XML Sitemapdi WordPress, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling cocok untuk Anda.

1. Cara Membuat XML Sitemap tanpa Plugin

Cara ini sangat mendasar dan terbatas dalam hal fitur. Hingga Agustus 2020, WordPress tidak memiliki peta situs bawaan. Namun di WordPress 5.5, mereka merilis fitur Sitemap dasar. Ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis membuat Sitemap di WordPress tanpa menggunakan plugin. Anda cukup menambahkan wp-sitemap.xml di akhir nama domain Anda, dan WordPress akan menunjukkan Sitemap default.

Sitemap tanpa Plugin
Sitemap tanpa Plugin

Fitur Sitemap XML ini ditambahkan ke WordPress untuk memastikan bahwa situs web WordPress baru tidak melewatkan manfaat SEO dari Sitemap XML.

Namun, itu tidak terlalu fleksibel, dan Anda tidak dapat dengan mudah mengontrol apa yang harus ditambahkan atau dihapus dari Sitemap Anda.

Untungnya, hampir semua plugin SEO WordPress teratas dilengkapi dengan fungsionalitas peta situs mereka sendiri. Peta situs ini lebih baik, dan Anda dapat mengontrol konten mana yang akan dihapus atau dikecualikan dari Sitemap XML WordPress Anda.

2. Membuat Sitemap menggunakan Plugin All in One SEO

Cara termudah untuk membuat Sitemap XML di WordPress adalah dengan menggunakan plugin ALL in One SEO untuk WordPress. Ini adalah plugin SEO WordPress terbaik yang menawarkan seperangkat alat komprehensif untuk mengoptimalkan posting blog Anda untuk SEO.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin SEO All in One. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Catatan: Fitur Sitemap juga tersedia dalam versi AIOSEO Free. Namun untuk mendapatkan peta situs berita lanjutan dan peta situs video, Anda akan memerlukan versi Pro.

Setelah aktivasi, buka halaman All in One SEO » Sitemap untuk meninjau pengaturan Sitemap.

All in One SEO Sitemap
All in One SEO Sitemap

Secara default, All in One SEO akan mengaktifkan fitur Sitemap untuk Anda dan mengganti Sitemap WordPress dasar.

Anda dapat mengklik tombol ‘Buka Sitemap’ untuk mempratinjaunya untuk melihat seperti apa tampilannya. Anda juga bisa menampilkan peta situs Anda dengan menambahkan ‘Sitemap.xml’ ke URL seperti https://ethaklik.com/sitemap.xml.

Sebagai pemula, Anda tidak perlu melakukan apa pun karena pengaturan default akan berfungsi untuk semua jenis situs web, blog, dan toko online. Namun, Anda bisa mengkustomisasi pengaturan Sitemap untuk mengontrol apa yang ingin Anda sertakan dalam Sitemap XML Anda. Cukup gulir ke bawah ke bagian Pengaturan Sitemap.

Seting Sitemap
Seting Sitemap

Biasanya, Google dapat memutuskan untuk melewatkan konten duplikat, halaman tanpa konten atau konten yang sangat sedikit, dan halaman yang dikecualikan oleh robot.txt atau tag meta situs web Anda.

Namun, jika Anda memiliki jumlah halaman yang dikecualikan yang luar biasa tinggi, maka Anda mungkin ingin memeriksa pengaturan plugin SEO Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak memblokir konten apa pun.

Kami berharap artikel ini membantu menjawab semua pertanyaan Anda tentang Cara Membuat XML Sitemap di WordPress dengan Mudah.

Baca Juga : Panduan Pemula untuk Mengoptimalkan Website Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Nama Domain
Read More

12 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Memilih Nama Domain Yang Tepat untuk usaha Anda sangatlah penting, itu adalah bagaimana audiens Anda akan menemukan dan…