Fakta Perkembangan Update Algoritma Google

Update Algoritma Google
Update Algoritma Google

Fakta Perkembangan Update Algoritma Google – Berikut ini adalah riwayat lengkap setiap perubahan algoritma Google yang dikonfirmasi oleh Google yang melakukan banyak pekerjaan membantu situs yang telah melihat penurunan lalu lintas.

Ketika saya melakukan audit penurunan lalu lintas, saya terus-menerus merujuk sejumlah sumber yang berbeda untuk tanggal perubahan signifikan yang dapat memengaruhi penurunan lalu lintas.

Moz telah mendapat daftar perubahan algoritma Google yang bagus, tetapi ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi lalu lintas situs seperti jaringan blog yang deindexed, perubahan pada algoritma gambar, dan banyak lagi.

Saya membuat daftar ini sehingga saya akan memiliki referensi yang baik ketika melakukan audit penurunan lalu lintas. Jika Anda dapat memikirkan perubahan lain yang terjadi yang dapat memengaruhi lalu lintas situs, beri tahu saya!

Update Algoritma Google 2021

Pembaruan dikonfirmasi pada bulan Januari 2021:

  • 7-9 Januari : Mungkin ada semacam pembaruan kecil saat ini. Banyak situs yang kami pantau melihat peningkatan atau penurunan lalu lintas organik. Sebagian besar pengamatan MHC menunjukkan perubahan lalu lintas sekitar 9 Januari. Namun, Search Engine Roundtable melaporkan bahwa ada banyak obrolan di forum Pencarian tentang pembaruan mulai awal 7 Januari. Kami belum menganalisis pembaruan ini, tetapi akan kembali ke sana jika tampaknya signifikan untuk banyak situs. Ada kemungkinan juga bahwa tidak ada pembaruan saat ini, tetapi kami hanya melihat perubahan yang tidak biasa karena orang-orang memperhatikan kerusuhan AS dan upaya pemberontakan.
  • 6 Januari 2021 : Ini adalah hari di mana kerusuhan terjadi di capitol AS. Setiap kali ada peristiwa bencana yang signifikan yang menarik perhatian dunia, Anda kemungkinan akan melihat perubahan pola pencarian.

Update Algoritma Google 2020

Pembaruan core dikonfirmasi pada bulan Desember 2020:

  • 1 Desember : Indeks Risiko Peringkat mulai melacak peningkatan fluktuasi peringkat pada desktop dan seluler. Ini dilakukan hingga 4 Desember di mana ada lonjakan besar dalam volatilitas SERP. Fluktuasi kembali normal pada 5 Desember.
  • 3 Desember : Google mengumumkan bahwa akan ada pembaruan inti pada hari itu. Pengumuman ini sesuai dengan lonjakan fluktuasi mendadak yang terjadi pada 4 Desember.
  • 4 Desember : Barry Schwartz dari Search Engine Roundtable melaporkan obrolan industri selaras dengan pembaruan yang dicatat oleh Indeks Risiko Peringkat.
Update Algoritma Google Desember 2020
Update Algoritma Google Desember 2020

Pembaruan belum dikonfirmasi pada bulan September 2020:

  • 15 September : Indeks Risiko Peringkat melaporkan peningkatan fluktuasi peringkat pada desktop dan seluler. Fluktuasi memuncak pada 16 September mencapai tingkat risiko 104. Fluktuasi terus menurun sejak saat itu, mencapai level normal pada 21 September.
  • 17 September : Barry Schwartz dari Search Engine Roundtable melaporkan obrolan industri.
Update Algoritma Google September 2020
Update Algoritma Google September 2020

Pembaruan belum dikonfirmasi pada bulan Agustus 2020:

  • 15 Agustus : Indeks Risiko Peringkat melaporkan peningkatan dramatis fluktuasi peringkat di desktop dan seluler. Fluktuasi mencapai tingkat risiko yang belum pernah terjadi sebelumnya 130 pada 15 dan 119 Agustus pada 16 Agustus. Pada saat pembaruan selesai, perubahan peringkat dramatis umumnya dikembalikan.
  • 15 Agustus : Barry Schwartz dari Search Engine Roundtable melaporkan obrolan industri yang signifikan.
Update Algoritma Google Agustus 2020
Update Algoritma Google Agustus 2020

Pembaruan belum dikonfirmasi pada bulan Juni 2020:

  • 9 Juni : Indeks Risiko Peringkat mulai melacak peningkatan fluktuasi peringkat di desktop dan seluler. Fluktuasi memuncak pada 10 Juni, mencapai tingkat risiko 83. Setelah empat hari fluktuasi meningkat, level kembali normal pada 13 Jun. Namun, setelah tiga hari tingkat fluktuasi normal, pergerakan meningkat kembali pada 16 Juni. Selama gelombang kedua pembaruan, indeks kami mencatat dua lonjakan fluktuasi yang terkenal. Pertama, pada 20 Juni indeks mencatat fluktuasi mencapai 109, dan pada 23 Juni fluktuasi mencapai 103.
  • 10 dan 23 Juni : Barry Schwartz dari Search Engine Round Table melaporkan obrolan industri yang signifikan selaras dengan pembaruan yang dicatat oleh Indeks Risiko Peringkat.
Update Algoritma Google Juni 2020
Update Algoritma Google Juni 2020

Pembaruan core dikonfirmasi pada bulan Mei 2020:

  • 4 Mei 2020 : Danny Sullivan dari Google mengumumkan bahwa mesin pencari telah mulai meluncurkan pembaruan algoritma inti keduanya tahun ini. Dijuluki Pembaruan Inti Mei 2020, sebagian besar rilis membentang hanya dua hari dengan peluncuran awal menjadi marah. Seperti yang ditunjukkan pada Indeks Risiko Peringkat kami, hari kedua peluncuran pembaruan menghasilkan volatilitas peringkat yang jauh lebih banyak daripada hari pertama pembaruan.
Update Algoritma Google Core Mei 2020
Update Algoritma Google Core Mei 2020

Lebih lanjut, pembaruan ini besar dalam ruang lingkup dan ukuran karena tingkat volatilitas peringkat sedikit menonjolkan Pembaruan Inti Januari 2020 yang dikenal karena dampaknya yang besar pada SERP.

Pembaruan COVID-19 belum dikonfirmasi pada bulan Maret 2020:

  • 17 Maret : Indeks Risiko Peringkat kami mulai mencatat serangkaian fluktuasi peringkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang berlangsung hingga awal April. Selama ini ada 12 hari tingkat fluktuasi peringkat yang meningkat tercatat. Di luar pembaruan algoritma inti, periode perpanjangan fluktuasi yang diperpanjang seperti itu tidak terjadi dalam dua tahun terakhir, jika tidak lebih.
  • 11 Maret : Waktu kenaikan tampaknya berkorelasi dengan COVID-19 menjadi pandemi resmi. Faktanya, penelitian kami menunjukkan bahwa pada 11 Maret, hari di mana COVID-19 dicap sebagai pandemi oleh WHO, Google membuat perubahan peringkat yang signifikan pada kata kunci terkait COVID-19. Lebih lanjut, ada pola vis-à-vis ‘kata kunci COVID-19’ yang jelas dan terlihat yang sejajar dengan berbagai pembaruan selama periode ini. Pola yang sama tidak terlihat dalam subset kata kunci lainnya.

Search Engine Land menyelenggarakan panel ahli tentang masalah dampak COVID-19 terhadap perilaku pencarian dan potensi pengaruh ini mungkin terjadi pada algoritma Google. Seperti yang kami sendiri Mordy Oberstein mencatat selama panel, ‘[COVID-19] adalah cerita yang berkembang yang belum benar-benar dilihat Google sebelumnya dan terus menyebar ke segala macam arah … dan karena Google sangat pandai membuat koneksi itu (COVID-19) berdampak pada begitu banyak area yang berbeda…. Google mencoba mencari tahu seberapa jauh jangkauan COVID-19 dan seberapa akurat kita (yaitu, Google) berdasarkan apa yang terjadi.’

Update Algoritma Google COVID-19 Maret 2020
Update Algoritma Google COVID-19 Maret 2020

Pembaruan Peringkat Pembalikan Pervasif belum dikonfirmasi pada bulan Februari 2020:

  • 8 Februari : Indeks Risiko Peringkat mulai mencatat peningkatan signifikan dalam fluktuasi peringkat yang berlangsung selama total enam hari. Puncaknya, fluktuasi meningkat mencapai level 94/120. Seiring dengan peningkatan yang dilacak oleh alat cuaca SERP kami, sejumlah besar obrolan industri yang menunjuk ke pembaruan yang kuat dilaporkan oleh Barry Schwartz dari SERoundtable. Penyelidikan awal terhadap pembaruan menunjukkan banyak ‘pola pembalikan.’ Untuk itu, banyak situs yang terkena pembaruan awalnya melihat kembali cepat ke normal sementara beberapa situs yang terpukul oleh Pembaruan Inti Januari 2020 mengalami pembalikan.
Update Algoritma Google Peringkat Pembalikan Pervasif Februari 2020
Update Algoritma Google Peringkat Pembalikan Pervasif Februari 2020

Pembaruan core dikonfirmasi pada bulan Januari 2020:

  • 14 Januari : Sesuai pemberitahuan lanjutan Google, Pembaruan Inti Januari 2020 mulai diluncurkan. Tingkat awal fluktuasi peringkat yang tertangkap pada Indeks Risiko Peringkat menyajikan tingkat volatilitas peringkat yang ekstrem di desktop dan seluler. Ketika pembaruan terus bergulir selama beberapa hari mendatang, peringkat perlahan-lahan mulai stabil sebelum akhirnya kembali ke level normal pada 19 Januari. Per analisis data, dan konsisten dengan hampir semua pembaruan inti lainnya hingga saat ini, ceruk Your Money Your Life terkena dampak signifikan, lebih dari industri lain (seperti yang dapat dilihat pada grafik di bawah ini):
  • 22 Januari : Penghubung Google Search, Danny Sullivan, mengumumkan divergensi besar dari praktik Cuplikan Pilihan Google yang sudah berlangsung lama. Secara tradisional, Google telah menampilkan URL yang digunakan dalam Cuplikan Pilihan di antara hasil organik teratas serta bagian dari Cuplikan Pilihan itu sendiri. Sesuai pengumuman Sullivan, satu-satunya waktu URL website yang digunakan di dalam Cuplikan Pilihan akan ditampilkan di halaman salah satu SERP ada di kotak Cuplikan Pilihan. Google tidak lagi menduplikasi URL Cuplikan Pilihan di antara halaman satu hasil organik. URL semacam itu, bagaimanapun, dapat muncul di halaman di luar halaman satu.

Seiring dengan perubahan tersebut, Google juga telah mengumumkan bahwa Explore Panel, hibrida antara Cuplikan Pilihan dan Panel Pengetahuan, akan mulai muncul di dalam kolom utama SERP, bukan di sebelah kanan hasil seperti yang ditempatkan sebelumnya. Perubahan ini secara khusus membahas kekhawatiran dari dalam industri SEO bahwa CTR tautan Panel Eksplorasi akan berkurang dengan penghapusan tautan tersebut dari hasil organik.

Perubahan SERP ini telah mengakibatkan industri mempertimbangkan Cuplikan Pilihan menjadi ‘posisi 1’ dan tidak lagi ‘posisi 0.’ Konstruksi semacam itu memiliki konsekuensi yang jauh, di antaranya bagaimana melacak peringkat dengan benar untuk posisi teratas di Google SERP.

Update Algoritma Google Core Januari 2020
Update Algoritma Google Core Januari 2020

Sepanjang tahun Google terus melakukan pembaruan pada algoritme mereka, dan itu menyebabkan fluktuasi peringkat dalam hasil pencarian. Sejauh ini Pada tahun 2020 – 2021, Google telah meluncurkan beberapa pembaruan algoritma inti yang dikonfirmasi.

Di dalam artikel yang telah kami tulis ini Anda akan menemukan ringkasan terbaru tentang pembaruan yang dikonfirmasi dan belum dikonfirmasi dengan refrensi gambar dan tautan tambahan untuk membantu Anda lebih memahami sifat dan dampak dari perubahan selama ini.

Sumber : Rank Risk Index | Google SERP Features | Visual SERP Feature Guide

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Nama Domain
Read More

12 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Memilih Nama Domain Yang Tepat untuk usaha Anda sangatlah penting, itu adalah bagaimana audiens Anda akan menemukan dan…