Bagaimana Cara Mengatasi Trackback Spam?

Trackback Spam
Trackback Spam

Bagaimana Cara Mengatasi Trackback Spam – Jika Anda memperhatikan beberapa komentar aneh yang muncul di blog Anda akhir-akhir ini, Anda tidak sendirian. Anda mungkin telah melihat komentar setelah komentar yang menautkan ke situs web acak dan bahkan tidak terkait dan beberapa dari mereka terlihat spam.

Jika Anda ingin menjaga pengunjung Anda tetap aman dan mencegah situs Anda terlihat seperti spam yang dapat merusak SEO Anda penting untuk mengetahui apa masalah ini dan bagaimana mengatasinya.

Masalahnya? Trackback Spam. Tapi bagaimana Anda bisa mengakhirinya? Mari kita bahas apa itu Trackback Spam dan tinjau beberapa opsi untuk memantaunya atau hanya menonaktifkan trackback sama sekali.

Apa itu trackback?

Pertama, mari kita tinjau apa itu trackback. Definisi WordPress dari trackback adalah, ‘cara untuk memberi tahu sistem blog yang telah Anda hubungkan dengan mereka … Pikirkan trackback sebagai setara dengan pengakuan dan referensi di akhir makalah akademik atau bab dalam buku teks.’

Muncul sebagai komentar manual di postingan blog yang telah Anda setautkan, trackback memperingatkan situs web lain yang telah Anda tautkan kepada mereka.

Selain memperluas audiens Anda, trackback adalah cara yang bagus untuk mendapatkan backlink. Ini dapat meningkatkan SEO jika situs yang Anda tautkan bereputasi baik dan memungkinkan menggunakan trackback.

Apa itu Trackback di WordPress?

Pada WordPress secara khusus, trackback otomatis dan disebut pingback. Ketika Anda menautkan ke situs web WordPress lain di konten Anda, situs web akan secara otomatis menerima komentar yang memberi tahu mereka tentang tautan Anda.

Anda tidak perlu menulis komentar atau melakukan apa pun selain mengaktifkan pingback. Blog WordPress yang Anda tautkan juga harus mengaktifkan pingback untuk menerimanya.

Cara Menggunakan Trackback di WordPress

Ketika dilakukan dengan benar, trackback adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan situs web lain, menjangkau audiens yang lebih luas, dan meningkatkan peringkat Anda di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP). Jika Anda ingin mulai menggunakan trackback, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Aktifkan trackback

Pertama, Anda harus mengaktifkan trackback. Di WordPress, Anda dapat melakukan ini dari Editor Pos. Buka ‘Opsi Layar’ di bagian atas halaman, lalu centang kotak di samping ‘Kirim Trackback’. Ini akan membuat metabox Send Trackbacks di dalam Editor Posting Anda.

Setelah Anda melakukan ini pada satu posting, WordPress akan menyimpan pengaturan ini untuk semua posting, jadi Anda tidak perlu mengulangi proses ini kecuali Anda kemudian memutuskan untuk berhenti mengirim trackback.

Jika Anda telah menautkan ke situs lain di blog Anda, buka URL yang telah Anda hubungkan atau ingin mengirim trackback. Cukup salin URL lalu kembali ke Editor Posting Anda.

Langkah 3: Tambahkan URL trackback ke editor postingan Anda

Pergilah ke bagian bawah halaman Editor Pos di WordPress, dan Anda akan menemukan metabox Send Trackbacks. Tempelkan URL trackback di sini, lalu simpan artikel Anda. Ini akan mengirim trackback ke situs web lain. Dari sini, situs web lain dapat menentukan apakah akan menampilkan trackback Anda atau tidak.

Apa itu Trackback Spam?

Jika Anda mengaktifkan trackback, orang lain dapat menautkan ke blog Anda di situs mereka sendiri. Meskipun ini terdengar hebat, itu juga berarti situs web mereka, apakah sah atau spam, secara otomatis ditautkan dalam komentar blog Anda.

Situs web spam dan pengikis situs dapat menyebarkan tautan ke situs web mereka yang spam dan berpotensi berbahaya melalui komentar. Ini juga bisa menjadi indikasi mereka telah menggores atau mencuri konten dari situs web Anda dan mempostingnya ke situs web yang tidak sah. Bagaimanapun, komentar spam dapat merusak reputasi situs Anda di antara pengguna dan dalam peringkat pencarian.

Dari mana spam berasal?

Banyak contoh spam trackback berbahaya dan berasal dari pengikis konten, bot, atau situs web operasi pengguna yang dapat membahayakan data dan keamanan pengguna. Di lain waktu, spam trackback belum tentu berasal dari mereka yang memiliki niat buruk.

Jika Anda memiliki blog yang sukses, pemilik blog yang lebih baru mungkin mencatat dan mulai mengirim trackback ke situs Anda dengan harapan menarik perhatian beberapa audiens Anda. Tetapi, jika mereka tidak menautkan ke konten Anda dengan cara yang berarti, ini bisa mengganggu dan membuat frustrasi.

Anda dapat memilih untuk memantau trackback untuk spam atau menonaktifkan sistem trackback untuk situs web Anda sepenuhnya, tergantung pada kebutuhan situs web Anda.

Cara Mencegah Trackback Spam di WordPress

Ada beberapa cara untuk menghentikan spam trackback di situs wordPress. Anda dapat memilih untuk menonaktifkan trackback sepenuhnya. Jika Anda tidak mengandalkan mereka untuk peningkatan SEO atau menjangkau audiens baru, Anda tidak akan membutuhkannya. Tetapi jika Anda ingin melacak, Anda dapat mencari plugin yang mendeteksi dan mencegah spam dan memantau komentar di semua situs Anda untuk menjaga spammer tetap di draft.

Menonaktifkan Trackback

Jika Anda memutuskan untuk menghapus trackback sama sekali, cukup masuk ke akun WordPress Anda dan kunjungi dasbor. Buka ‘Pengaturan,’ lalu ‘Diskusi.’ Hapus centang pada kotak di samping ‘Izinkan pemberitahuan tautan dari blog lain ( pingback dan trackback ) pada artikel baru’ dan simpan.

Sekarang, ini hanya akan menonaktifkan trackback untuk posting mendatang, jadi mari kita aktifkan langkah-langkah menonaktifkan trackback untuk posting yang ada.

Kembali ke dasbor dan kunjungi Posts > All Posts > Screen Options. Atur Pagination ke setingan yang akan terjadi di 999; tekan ‘Terapkan,’ lalu pilih semua postingan melalui mencentang kotak di samping ‘Judul.’ Buka menu turun bawah ‘Tindakan Massal’ dan pilih ‘Edit.’ Dalam kotak ‘Edit Massal’ ini, pilih ‘Jangan Izinkan’ untuk pingback, lalu tekan ‘Perbarui.’ Jika Anda memiliki 1000 posting atau lebih, Anda akan mengulangi langkah-langkah ini untuk setiap set 999.

Pro dan Kontra menonaktifkan Trackback

Pro yang jelas untuk menonaktifkan trackback adalah Anda dapat menghentikan tautan spam memasukkan komentar di situs Anda. Banyak situs sebenarnya tidak lagi mengizinkan trackback karena alasan ini.

Satu con adalah Bahwa Anda tidak akan lagi diberitahu ketika orang lain menautkan ke situs Anda, tetapi ketika situs Anda tumbuh, Anda mungkin menemukan bahwa untuk menjadi gangguan, anyway.

Plugin Untuk Mencegah Spam

Ada banyak plugin di google yang akan membantu menghentikan spam trackback, termasuk beberapa plugin keamanan all-in-one yang menangani spam trackback serta keamanan situs secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa opsi hebat untuk plugin yang akan mencegah spam trackback.

1. Akismet

Akismet adalah salah satu plugin anti-spam paling populer yang tersedia di WordPress dan dikembangkan oleh tim yang sama yang menciptakan WordPress.

Akismet menggunakan algoritma berbasis cloud untuk mendeteksi dan memfilter spam. Untungnya, Anda masih dapat meninjau komentar yang ditandai sebagai spam, jika difilter dengan tidak benar, meskipun Anda akan menemukan Akismet disempurnakan untuk pekerjaannya.

Anda juga akan memiliki akses ke tim dukungan jika diperlukan, dan Anda dapat meningkatkan rencana Anda saat blog Anda tumbuh atau jika Anda memperluas ke beberapa situs web.

2. Antispam Bee

Jika Anda mencari plugin yang sepenuhnya gratis, Antispam Bee adalah pilihan yang baik. Plugin ini menawarkan beberapa fitur untuk memungkinkan Anda memilih kapan, dari mana, dan bagaimana komentar diposting di situs Anda, dari mempercayai komentator dengan Gravatar (avatar) hingga memvalidasi alamat IP.

Perlu diingat bahwa aplikasi ini lebih sederhana dan gratis, sehingga dukungan yang tersedia terbatas pada forum dan dokumentasi.

3. Cleantalk Spam Protection

Plugin Cleantalk Spam Protection ini menghindari penggunaan CAPTCHA, yang dapat mengganggu bagi beberapa pengguna, mendukung pemfilteran dan bahkan melarang komentar spam. Plugin ini juga akan mencegah spammer menyusup ke formulir komentar, widget, dan buletin Anda.

Komentar spam difilter dan dipindahkan ke folder terpisah untuk ditinjau atau dilarang secara otomatis — pilihan Anda. Plugin Cleantalk Spam Protection tersedia secara gratis untuk periode uji coba, lalu $ 8 setahun.

4. Cerber Security

Plugin Cerber Security akan menghentikan spam di seluruh situs web Anda, dari bagian komentar ke halaman kontak.

Plugin ini menggunakan mesin anti-spam, reCAPTCHA, dan pemindaian malware untuk mencegah spam trackback dan menjaga situs Anda aman dari berbagai bentuk spam. Komentar spam secara otomatis terdeteksi dan dipindahkan untuk ditinjau atau dihapus segera.

5. Stop Spammers

Jika Anda menginginkan sesuatu yang akan bekerja dengan cepat dan mudah tepat setelah mengunduh, Stop Spammers mungkin tepat untuk Anda.

Ini langsung berfungsi tanpa menyesuaikan pengaturan, meskipun ada banyak opsi untuk disesuaikan jika Anda mau. Anda dapat memblokir pengguna dan komentar berdasarkan email sekali pakai, kata-kata spam, perilaku mencurigakan, alamat IP, dan banyak lagi.

Komentar juga harus melewati layar CAPTCHA untuk mengirimkan komentar mereka. Versi premium membuka perlindungan firewall, perlindungan Formulir Kontak 7, dan banyak lagi.

Untuk Trackback atau tidak Trackback kembali

Yang terbaik, trackback dapat membantu Anda berkomunikasi dengan situs web dan blog lain dan mendapatkan backlink. Yang terburuk, mereka dapat menyebabkan spam yang menyakiti situs web Anda.

Komentar spam dapat membuat beberapa audiens Anda tidak berkomentar dan terlibat dengan blog Anda, dan mereka yang memiliki tautan yang mengarah ke situs web berbahaya akan melukai peringkat Anda di Google.

Apakah Anda menonaktifkan atau memantau trackback melalui plugin WordPress, penting untuk mengawasi trackback di situs web Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
WP Rocket
Read More

WP Rocket Caching Plugin untuk WordPress

WP Rocket adalah plugin caching paling kuat di dunia. Gunakan untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress Anda, peringkat SEO…