12 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Nama Domain
Nama Domain

Memilih Nama Domain Yang Tepat untuk usaha Anda sangatlah penting, itu adalah bagaimana audiens Anda akan menemukan dan mengingat Anda.

Domain akan membantu situs web Anda terlihat dari kerumunan dan bahkan mungkin meningkatkan SEO Anda. Tetapi dengan lebih dari 360 juta nama domain yang terdaftar, mungkin sulit untuk menemukan nama yang unik.

Jika Anda mengalami masalah dalam bertukar pikiran atau menemukan bahwa semua ide nama domain Anda sudah digunakan, Anda tidak sendirian. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu menyusun nama domain terbaik untuk bisnis atau blog Anda.

Cara Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Jika Anda siap untuk membangun kehadiran online untuk bisnis Anda, Anda harus memilih nama domain yang cocok dengan usaha Anda. Dengan cara ini, pelanggan dapat dengan mudah menemukan dan mempercayai situs Anda. Ada beberapa langkah yang bisa Anda ingat saat memilih nama domain Anda.

1. Gunakan ekstensi .com

Anda pasti telah mengunjungi banyak situs web, dan tidak sulit untuk melihat bahwa ekstensi domain yang paling populer adalah .com, sementara opsi tepercaya atau umum lainnya termasuk .org dan .net.

Tetapi pilihan secara luas, dan dapat mencakup semuanya mulai dari .xyz hingga .co hingga .cafe hingga .pizza. Tetapi berhati-hatilah memilih pilihan yang lebih aneh, karena mereka dapat dianggap tidak profesional atau tidak dapat dipercaya.

Jika .com tersedia, lakukanlah. Jika Anda diatur pada domain tetapi .com tidak tersedia, .org, .net, atau .id juga merupakan alternatif yang baik.

2. Tetap pendek dan sederhana

Jika nama domain Anda panjang, akan lebih sulit bagi orang untuk diingat, yang bisa membaca lebih sedikit lalu lintas untuk Anda. WebsiteSetup.org merekomendasikan nama domain yang panjangnya 6 -14 karakter.

Di luar itu, nama domain pendek tidak membantu jika sulit untuk dieja atau diucapkan, karena pengguna kemungkinan akan lupa ketika mencoba mengetik URL situs web Anda.

3. Hindari tanda hubung, angka, dan huruf ganda

Masing-masing elemen ini adalah rintangan lain bagi pengguna untuk mencoba melompat hanya untuk mengakses situs web Anda. Ini tidak benar-benar intuitif untuk mengingat karakter-karakter ini, dan huruf ganda dapat membuat nama domain berantakan dan sulit dibaca.

Belum lagi, semua elemen ini rentan menjadi kesalahan ketik saat pengguna mencoba mencari di internet untuk situs web bisnis Anda. Jika Anda membagikan situs web Anda melalui word-of-mouth kepada klien, juga jauh lebih sulit untuk menyampaikan nama domain dengan jelas ketika disandingkan dengan tanda hubung, angka, dan huruf yang sama secara berasal dari belakang.

4. Tetap unik, spesifik, dan on-brand

Dengan semua hal ini perlu diingat, mungkin sulit untuk bertukar pikiran nama domain yang jelas dan ringkas sambil juga tetap unik dan sesuai dengan bisnis Anda.

Tapi itu pasti bisa dilakukan. Simpan nama bisnis Anda dan apa yang Anda jual di depan pikiran Anda, dan gali niche Anda untuk memastikan nama domain Anda juga menarik audiens online yang Anda inginkan.

5. Tambahkan kata kunci

Tanpa berlebihan kami ingin sesuatu yang pendek dan manis di sini – lakukan beberapa penelitian kata kunci untuk membantu mengarahkan nama domain Anda.

Ketika Anda mengasah kata kunci, Anda juga akan mendapat manfaat dari dorongan SEO dari nama domain dan merek Anda. Saat Anda bertukar pikiran kata kunci, cari opsi dengan kompetisi rendah hingga menengah sehingga Anda memiliki kesempatan untuk peringkat, dan pastikan kata kunci akan mencerminkan merek Anda.

6. Lakukan penelitian Anda

Selain penelitian kata kunci, tidak ada yang lebih buruk daripada memimpikan apa yang tampaknya seperti nama domain yang sempurna hanya untuk menemukan diri Anda di air panas karena tanpa sadar melanggar domain merek dagang.

Pastikan domain yang Anda pilih benar-benar asli bagi Anda untuk menghindari berurusan dengan masalah hukum dan proses yang melelahkan untuk menemukan nama domain unik dan ramah SEO lainnya.

Cara Memilih Nama Domain untuk Blog Anda

Seperti menemukan nama domain untuk bisnis, memilih nama domain untuk blog Anda memiliki banyak langkah serupa. Tetapi karena bisnis dapat mulai offline, Anda bahkan mungkin belum memiliki nama yang dipilih untuk Web Blog atau Blog Portal Berita Anda!

Untungnya, ini berarti Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk menemukan nama blog dan nama domain yang sangat cocok, tetapi Anda harus memasukkan beberapa minyak siku untuk menemukan sesuatu yang unik.

Menurut Blogging.org, ada lebih dari 500 juta blog di internet. Tapi jangan berkecil hati! Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda menemukan nama domain yang tepat untuk Anda.

1. Pertimbangkan ekstensi domain

Seperti yang dinyatakan di atas, .com ini adalah ekstensi domain teratas untuk Anda pertimbangkan. Untuk blog, Anda mungkin ingin berkreasi dengan beberapa opsi kreatif yang lebih baru, tetapi konten Anda akan paling mudah ditemukan jika Anda tetap menggunakan ekstensi domain klasik dan umum. Pergi untuk .com jika Anda bisa, lalu pindah ke opsi populer lainnya seperti .net atau .id.

2. Hindari opsi yang tidak jelas atau umum

Meskipun Anda ingin memiliki nama domain yang jelas dan mudah diingat, Anda juga tidak ingin itu menjadi sangat mendasar sehingga hilang dalam pencarian. Pilihlah sesuatu yang menarik, mudah diingat, dan dapat di-brandable.

3. Pastikan domain Anda unik

Di luar hanya menjadi punchy dan berkesan, domain blog Anda harus unik. Pastikan itu mewakili merek dan konten Anda sambil juga menonjol dari pesaing.

Misalnya, Ethaklik tentu unik dan datang ke pikiran dengan cepat. Mudah untuk mengetik, mengeja, dan mengucapkan. Ini mungkin tidak berhasil dengan nama yang lebih umum seperti marketinghub.com, marketingonline.com, atau marketinginformation.com.

4. Pilih kata kunci

Jika Anda ingin dorongan SEO sejak awal, Anda dapat memasukkan kata kunci ke dalam nama domain Anda.

Tentu saja, pastikan ini tidak mengorbankan panjang, orisinalitas, atau integritas merek blog Anda, tetapi jika ada kata kunci yang akan bermain dengan baik dengan satu atau dua kata pendek dan unik lainnya, pertimbangkan untuk menambahkannya ke nama domain Anda.

5. Buatlah mudah untuk diketik dan diucapkan

Tentu, nama blog Anda unik, tetapi jika tidak ada yang tahu cara mengucapkannya atau mengetiknya sebagai URL, nomor lalu lintas Anda mungkin menderita sebagai hasilnya.

Jika nama domain membingungkan, kemungkinan besar pengguna akan memiliki kesalahan ketik dan tersesat saat mereka mencoba menemukan blog Anda. Permudah mereka, dan hindari melukai nomor lalu lintas Anda, dengan memilih nama domain yang sederhana dan jelas.

6. Bergerak cepat

Dengan jutaan nama domain online hari ini – dan nama tambahan yang terdaftar setiap menit – setelah Anda memutuskan nama domain, jangan ragu untuk mendaftarkannya.

Nama domain adalah komoditas panas, tetapi mereka juga cukup terjangkau. Selama ide Anda tidak merek dagang atau sudah digunakan, ambillah sebelum hilang! Anda selalu dapat mengubahnya nanti jika Anda memutuskan itu hanya tidak berfungsi.

Generator Nama Domain

Ini banyak untuk dicerna, kami mengerti. Tetapi sama seperti ada generator untuk membantu Anda menemukan hashtag dan kata kunci yang sangat baik, ada juga alat untuk membantu Anda menemukan nama domain.

Anda dapat mengambil beberapa kata kunci dan kata-kata terkait merek yang telah Anda curah pendapat melalui tips di atas dan menambahkannya ke generator nama domain, yang akan menggunakan kata-kata itu dan kata-kata terkait untuk membuat daftar nama domain yang tersedia.

Bahkan jika Anda tidak memilih nama domain persis dari generator, itu dapat membantu menginspirasi tim Anda untuk menemukan nama domain yang sempurna untuk bisnis atau blog Anda. Berikut adalah beberapa generator nama domain teratas untuk dicoba.

1. Wordoid

Jika Anda memiliki satu kata yang terus Anda datangi, coba ketikkan ke Wordoid, yang akan memberi Anda ide yang berisi kata itu. Wordoid juga berfokus pada domain yang memiliki sekitar 10 karakter, meskipun Anda bisa mengatur batas karakter dari lima hingga 15 jika Anda memiliki panjang pikiran.

2. NameMesh

NameMesh menawarkan banyak kreativitas dan fleksibilitas dalam menghasilkan nama domain, ditambah menawarkan tips untuk menjaga SEO di domain Anda. Jika Anda memiliki nama domain yang anda tetapkan tetapi diambil, ini juga merupakan opsi yang baik yang dapat menggeser domain sedikit untuk mempertahankan cita-cita pilihan Anda dengan tetap membuatnya unik.

Instant Domain Search adalah opsi lain yang mudah digunakan yang mulai menghasilkan ide saat Anda mengetik. Generator domain ini akan menampilkan domain yang tersedia serta opsi yang tersedia untuk dijual.

Tetapkan Identitas Merek dengan Memilih Nama Domain yang Sempurna

Nama domain Anda mungkin tampak seperti detail kecil dalam skema besar pembuatan situs web, tetapi mencerminkan bisnis Anda kepada calon pelanggan atau audiens segera.

Jika panjang atau membingungkan, banyak orang tidak akan pernah dapat menemukan bisnis atau situs blog Anda. Jika nama domain Anda tidak cocok atau setidaknya melengkapi nama merek Anda, nama domain tersebut dapat dianggap tidak profesional atau bahkan spam.

Di sisi lain, nama domain yang diteliti dengan baik dan dipikirkan dapat meningkatkan peringkat Anda dalam hasil mesin pencari dan memberi audiens gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan ketika mereka mengunjungi situs Anda. Dengan demikian, penting untuk luangkan waktu untuk menemukan nama domain yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like