6 Langkah Cara Membuat Blog WordPress Yang Benar

Membuat Blog WordPress
Membuat Blog WordPress

Apakah Anda ingin membuat blog WordPress dengan cara yang benar? Kami tahu bahwa memulai blog bisa menjadi pemikiran yang menyulitkan khusus ketika Anda tidak mengerti sama sekali.

Apa yang Anda butuhkan untuk memulai membuat blog WordPress?

Ada 3 hal yang Anda butuhkan untuk membuat blog WordPress:

  1. Nama domain ( contoh nama domain ethaklik.com )
  2. Web Hosting
  3. Perhatianmu yang tak terbagi selama 30 menit.

Ya, Anda membacanya dengan benar. Anda dapat memulai blog dari awal dalam waktu kurang dari 30 menit, dan kami akan memandu Anda melalui seluruh proses, langkah demi langkah.

Langkah 1. Setup

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemula saat membangun blog adalah memilih platform blogging yang salah. Untungnya Anda di sini, jadi tidak akan membuat kesalahan itu. Untuk 95% pengguna, Disarankan untuk menggunakan WordPress.org dikenal sebagai WordPress yang dihosting sendiri. Mengapa?

Karena gratis untuk digunakan, Anda dapat menginstal plugin, menyesuaikan desain blog Anda, dan yang paling penting menghasilkan uang dari blog Anda tanpa batasan apa pun.

WordPress juga merupakan platform situs web nomor satu yang digunakan oleh semua blog terkenal. Untuk menempatkan dalam perspektif, 34% dari semua situs web di internet menggunakan WordPress!

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya mengapa WordPress gratis? Ini gratis karena Anda harus melakukan pengaturan dan menghostingnya sendiri. Dengan kata lain, Anda memerlukan nama domain dan hosting web.

Domain adalah apa yang orang ketik untuk sampai ke situs web Anda. Ini alamat situs web Anda di internet. Seperti google.co.id atau ethaklik.com

Web hosting adalah tempat untuk file situs web Anda. Ini adalah rumah situs web Anda di internet. Setiap situs web membutuhkan hosting web.

Domain biasanya berharga sekitar Rp 145.000,- / tahun, dan hosting web biasanya berharga Rp 60.000,- / bulan. Itu uang yang banyak untuk pemula yang baru memulai.

Untungnya, Niagahoster penyedia hosting resmi WordPress yang merekomendasikan, telah setuju untuk menawarkan pengguna baru mendapatkan domain gratis dan diskon up to 70% untuk web hosting.

Klik Disini Untuk Klaim Diskon Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu perusahaan web hosting terbaik di indonesia. Mereka juga merupakan perusahaan terbesar dalam hal hosting WordPress karena mereka meng-host jutaan situs web termasuk banyak dari kita sendiri.

Di atas semua ini, Niagahoster perusahaan penyedia layanan web hosting yang berdiri sejak tahun 2013, dan mereka berkomitmen untuk memberi kembali. Itu sebabnya mereka telah berjanji kepada kami bahwa jika Anda tidak bisa mendapatkan blog Anda online dalam waktu 30 menit dengan mengikuti tutorial ini.

CATATAN: Di sini kami percaya pada transparansi. Jika Anda mendaftar dengan Niagahoster menggunakan tautan rujukan kami, kami akan mendapatkan komisi kecil tanpa biaya tambahan kepada Anda (pada kenyataannya, Anda akan menghemat uang dan mendapatkan domain gratis). Kami akan mendapatkan komisi ini untuk merekomendasikan hampir semua perusahaan hosting WordPress, tetapi kami hanya merekomendasikan produk yang kami gunakan secara pribadi dan percaya akan menambah nilai bagi pembaca kami.

Langkah 2. Instal WordPress

Ketika Anda mendaftar dengan versi baru Niagahoster menggunakan tautan kami, mereka akan secara otomatis menginstal WordPress untuk Anda. Versi baru ini baru-baru ini diluncurkan untuk memudahkan pengguna non-teknologi untuk membuat blog mereka.

Apa artinya ini adalah Anda hanya perlu masuk ke akun Niagahoster Anda, dan kemudian klik tombol Masuk ke WordPress untuk memulai. Anda juga dapat masuk ke WordPress hanya dengan yoursite.com/wp-admin/ langsung dari browser Anda. Setelah WordPress diatur, Anda siap untuk menyesuaikan penampilan blog Anda untuk membuatnya sendiri dan mulai blogging.

Langkah 3. Memilih Tema WordPress Anda

Tampilan visual blog WordPress Anda dikendalikan oleh tema. Ketika Anda pertama kali mengunjungi blog Anda, itu akan terlihat seperti ini:

Defaultwptheme
Defaultwptheme

Ini tidak terlalu menarik bagi kebanyakan orang. Menyesuaikan tampilan dan nuansa blog Anda sejauh ini adalah salah satu bagian yang paling menarik dan bermanfaat dalam perjalanan membuat blog WordPress Anda.

Ada ribuan tema WordPress pra-dibuat yang dapat Anda instal di situs Anda. Beberapa dari mereka adalah tema gratis, sementara yang lain dibayar. Anda dapat mengubah tema Anda dengan pergi ke dashboard WordPress Anda dan mengklik

Addnewtheme
Addnewtheme

Lanjutkan dan klik tombol Tambah Baru.

Pada layar berikutnya, Anda akan dapat mencari dari 7.400 + gratis WordPress tema yang tersedia di direktori WordPress.org tema resmi. Anda dapat mengurutkan berdasarkan filter fitur populer, terbaru, unggulan, serta lainnya (yaitu industri, tata letak, dll).

Freethemes
Freethemes

Anda dapat membawa mouse Anda ke sebuah tema, dan Anda akan melihat tombol Pratinjau. Mengkliknya akan membuka pratinjau tema di mana Anda dapat melihat bagaimana desain akan terlihat di situs web Anda.

Previewtheme
Previewtheme

Pratinjau tema Anda mungkin tidak terlihat persis seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar, yang normal karena Anda akan dapat menyesuaikan dan mengaturnya nanti. Yang perlu Anda cari adalah desain, warna, tipografi, dan elemen lainnya.

Tips terbaik untuk memilih tema WordPress yang sempurna adalah berusaha untuk kesederhanaan dalam desain. Ini membantu Anda menjaga semuanya tetap bersih dan jelas sambil menawarkan pengalaman yang baik kepada pengguna Anda.

Ketika Anda telah menemukan tema yang Anda sukai, cukup bawa mouse Anda di atasnya, dan itu akan menampilkan tombol Instal. Klik di atasnya dan tunggu hingga tema diinstal. Setelah itu, tombol instal akan diganti dengan tombol Aktifkan. Anda perlu mengkliknya untuk Mengaktifkan tema.

Activatetheme
Activatetheme

Setelah menginstal tema, Anda bisa mengkustomisasinya dengan mengklik tautan Kustomisasi di bawah menu Tampilan. Setelah Anda memilih tema WordPress Anda, Anda sekarang siap untuk membuat posting blog pertama Anda.

Langkah 4. Membuat Posting Blog Pertama Anda

Untuk menulis posting blog, klik posting » Tambah Baru di dasbor WordPress Anda. Anda akan melihat area editor di mana Anda dapat menulis posting blog pertama Anda.

Membuat Posting
Membuat Posting

WordPress menggunakan editor berbasis blok di mana setiap elemen adalah blok. Ini memungkinkan Anda untuk membuat tata letak konten yang indah untuk posting blog Anda. Setelah Anda selesai menulis, lanjutkan dan klik tombol Terbitkan di sudut kanan atas layar untuk membuat posting blog Anda tersedia untuk umum.

Publish Blog Post
Publish Blog Post

Di layar postingan, Anda akan melihat beberapa bagian lain seperti Kategori dan Tag. Anda dapat menggunakannya untuk mengatur posting blog Anda.

Langkah 5. Plugin & Kustomisasi

Setelah Anda menulis posting blog sampel pertama Anda, Anda mungkin ingin mulai menambahkan elemen lain yang biasa di situs web Anda seperti formulir kontak, galeri, slider, formulir langganan buletin, dll.

Untuk menambahkan semua fitur tambahan ini, Anda perlu menggunakan plugin. Plugin WordPress adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menambahkan fitur baru ke situs web Anda (tanpa menulis kode apa pun).

Ada lebih dari 58.000 plugin WordPress yang tersedia di direktori plugin WordPress gratis saja. Ini berarti tidak peduli apa yang ingin Anda capai, ada plugin untuk itu. Mari kita lihat cara menggunakan plugin untuk menambahkan beberapa fitur penting ke blog WordPress Anda.

Cara Menyiapkan Pelacakan Google Analytics

Google Analytics membantu Anda melihat berapa banyak orang yang mengunjungi blog Anda, dari mana mereka berasal, dan apa yang mereka lakukan di situs web Anda? Yang terbaik adalah menginstal Google Analytics saat memulai blog Anda, sehingga Anda dapat melihat berapa banyak blog Anda telah berkembang dari waktu ke waktu.

Pertama, Anda harus mengunjungi situs google Analytics dan login menggunakan akun Gmail Anda. Setelah login, Anda dapat melanjutkan dan mendaftar ke akun Google Analytics gratis.

Google Analytics
Google Analytics

Anda akan diminta untuk memberikan informasi dan URL situs web Anda. Setelah itu, Anda akan disajikan dengan kode pelacakan Google Analytics Anda.

Anda dapat berhenti di sini karena kami akan menggunakan plugin untuk secara otomatis mengambil dan menambahkan kode ini ke blog Anda (bersama dengan pengaturan pelacakan WordPress yang tepat).

Beralih ke area admin WordPress Anda untuk menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights. Ini adalah versi gratis dari plugin Google Analytics terbaik untuk WordPress, dan ini adalah cara termudah untuk menambahkan Google Analytics di situs Anda (dipercaya oleh lebih dari 2 juta situs web).

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman Insights » Pengaturan untuk mengonfigurasi pengaturan plugin.

MonsterInsight
MonsterInsight

Pada halaman pengaturan, klik tombol ‘Hubungkan MonsterInsights’ untuk menghubungkan Google Analytics ke situs WordPress Anda.

Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penyetelan. Setelah selesai, Anda akan dapat melihat laporan analitik situs web Anda langsung dari dasbor WordPress Anda di bawah tab MonsterInsights.

MonsterInsights tab
MonsterInsights tab

Cara Mengoptimalkan Blog WordPress Anda untuk SEO

Sebagian besar pemula tidak mengoptimalkan SEO saat membuat blog. SEO atau optimasi mesin pencari membantu pengguna menemukan blog Anda di mesin pencari. Jika Anda menginginkan lebih banyak lalu lintas, maka sangat penting bagi Anda untuk mengoptimalkan blog Anda untuk SEO sejak awal.

Untuk memulai, pertama-tama Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin SEO All in One. Ini adalah plugin SEO WordPress lengkap yang akan membantu Anda mengoptimalkan blog Anda.

aioseo
aioseo

Plugin ini dilengkapi dengan konfigurasi cepat untuk membantu Anda menelusuri pengaturan. Ini akan membantu Anda mengatur peta situs WordPress, menulis kata kunci dan deskripsi meta yang tepat, menambahkan markup skema, dan banyak lagi.

Rekomendasi Plugin lainnya

Ada banyak yang lain WordPress plugin yang dapat Anda instal. Seringkali pemula merasa agak kewalahan untuk mencari plugin yang mereka butuhkan. Kami sering menampilkan plugin WordPress terbaik untuk membantu Anda menambahkan fungsionalitas yang Anda butuhkan.

Berikut adalah pilihan ahli kami dari plugin WordPress terbaik yang harus Anda coba.

  • Backup : UpdraftPlus adalah plugin Backup WordPress terbaik. Anda perlu membuat Backup reguler situs web Anda jika ada yang salah.
  • Security : Sucuri Security adalah pemindai keamanan gratis untuk WordPress.
  • Performance : Kami sarankan menggunakan WP Rocket (premium) atau WP Super Cache (gratis) untuk mempercepat WordPress. Untuk informasi lebih lanjut tentang topik ini lihat artikel kami tentang kecepatan dan kinerja WordPress dengan 10 Plugin Cache WordPress Terbaik 2021.
  • Traffic & Subscribers : Kami sangat menyarankan untuk menggunakan pemberitahuan push oleh PushEngage. Ini memungkinkan Anda terhubung dengan pengunjung setelah mereka meninggalkan situs web Anda.

Langkah 6. Menghasilkan Uang Dari Blog Anda

Sekarang setelah Anda membuat blog Anda dan menyesuaikannya sesuai dengan keinginan Anda, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana saya bisa benar-benar menghasilkan uang dari blog saya?

Ada banyak cara berbeda untuk berhasil memonetisasi blog Anda. Namun tidak ada yang namanya skema cepat kaya. Jangan tertipu oleh foto-foto mobil mahal dan rumah mewah karena itu semua palsu.

Tidak seperti artikel ‘menghasilkan uang online’ lainnya, kami telah membuat panduan paling komprehensif tentang cara menghasilkan uang dari blog Anda menggunakan WordPress. Selama Anda bersedia untuk melakukan kerja keras dan usaha, Anda akan menuai hasil. Ingat, tidak ada jalan pintas. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

1. Google AdSense

Banyak blogger menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di blog mereka. Jika Anda membuat blog dengan urus monetisasi, maka Google AdSense adalah cara terbaik untuk melakukan ini.

Ini adalah platform iklan terbesar untuk blogger dan penerbit. Bertindak sebagai perantara antara Anda dan pengiklan, Google memungkinkan pengiklan untuk mengajukan tawaran kata kunci yang cocok dengan konten Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan tarif terbaik untuk iklan.

2. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah strategi monetisasi kedua yang paling umum digunakan di kalangan blogger. Pada dasarnya, Anda merekomendasikan produk / layanan favorit Anda kepada pembaca Anda, dan ketika mereka melakukan pembelian, Anda mendapatkan komisi rujukan.

Kunci dalam pemasaran afiliasi adalah merekomendasikan produk dan layanan berkualitas tinggi yang sudah Anda gunakan dan percayai. Ada banyak plugin dan alat pemasaran afiliasi untuk WordPress yang dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang ketika mempromosikan produk afiliasi.

3. Toko Online

Banyak blogger menghasilkan uang dengan menjual barang-barang langsung dari blog mereka. Ini bisa menjadi produk fisik, unduhan digital seperti ebooks, karya seni, musik, dan banyak lagi. Beberapa blogger bahkan menawarkan layanan konsultasi.

Kami sarankan menggunakan WooCommerce karena ini adalah plugin eCommerce terbaik untuk WordPress. Ini juga merupakan platform eCommerce yang paling umum digunakan di dunia.

Di atas metode 3 di atas, Anda dapat melakukan lebih banyak lagi dengan blog WordPress Anda. Anda dapat membuat blog WordPress khusus untuk ulasan, blogging mode, blogging makanan dengan resep, dan banyak lagi. Masing-masing jenis blog ini memberi Anda lebih banyak peluang unik untuk menghasilkan uang.

Anda juga dapat mengubah blog Anda menjadi situs keanggotaan untuk menawarkan konten dan kursus premium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Nama Domain
Read More

12 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Memilih Nama Domain Yang Tepat untuk usaha Anda sangatlah penting, itu adalah bagaimana audiens Anda akan menemukan dan…