Cara Menghapus atau Edit Footer Copyright WordPress

Ethaklik

Cara Menghapus atau Edit Footer Copyright WordPress – Setelah menginstal WordPress, Anda akan melihat beberapa salinan Footer Copyright WordPress di bagian bawah halaman web Anda yang bertuliskan ‘Bangga didukung oleh WordPress’ dan merupakan teks default yang muncul di semua situs web WordPress baru di footer.

‘Footer’ adalah terminologi desain web yang mengacu pada bagian situs web Anda yang biasanya muncul di bagian bawah setiap halaman web setelah konten utama. Anda dapat menggunakan ruang ini untuk elemen navigasi dan/atau untuk memanggil informasi bisnis penting seperti hak cipta dan kebijakan privasi Anda. Di WordPress, footer biasanya ditunjuk dalam file  footer.php

Bagi pengunjung Anda, teks default dapat tampak tidak profesional dan bahkan tidak pada tempatnya. Jadi, masuk akal untuk tidak menampilkan footer default di situs web WordPress Anda. Anda akan mengetahui bahwa Anda dapat menghapusnya atau mengeditnya sesuai spesifikasi jika Anda memilih untuk menampilkan informasi seperti logo, pemberitahuan hak cipta, atau tautan ke kebijakan privasi Anda.

Footer yang disesuaikan akan membantu pengunjung mengidentifikasi dengan merek Anda. Baca terus untuk mempelajari Cara Menghapus atau Edit Footer Copyright WordPress Anda.

Jawabanya: Ya. WordPress adalah open source software. Ini dirancang untuk memungkinkan siapa saja untuk mengubah kode sumber.

Anda memiliki kemampuan untuk memodifikasi template WordPress default Anda. Anda tidak akan melanggar hukum jika Anda mengubah footer Anda agar sesuai dengan situs Anda.

Tetapi sebelum Anda membuat perubahan apa pun, Anda bisa terlebih dahulu mencadangkan situs web WordPress Anda. Langkah ini untuk memastikan bahwa Anda dapat dengan cepat memulihkan situs Anda jika Anda membuat kesalahan. Apakah Anda mengedit footer atau melakukan desain ulang penuh, itu adalah kebiasaan yang baik untuk mencadangkan dulu.

Jika Anda hanya ingin menghapus footer sama sekali, solusi termudah adalah menggunakan plugin.

Plugin WordPress memperluas fungsionalitas situs Anda. Ini adalah solusi mudah ketika Anda ingin membuat tweak kecil atau perubahan besar pada situs Anda. Plus, itu tidak memerlukan pengalaman pengkodean. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengedit footer Anda dengan plugin.

1. Instal dan aktifkan plugin Remove Footer Credit.

Remove Footer Credit
Remove Footer Credit

2. Buka Tools > Remove Footer Credit.

3. Masukkan teks atau HTML yang ingin Anda hapus di bidang teks pertama. Kemudian, tambahkan teks footer Anda sendiri ke bidang teks kedua.

Plugin Remove Footer Credit

4. Klik Simpan.

Jika opsi di atas tidak berfungsi untuk Anda atau Anda ingin melakukan beberapa pengeditan yang lebih lanjut, baca terus untuk caranya untuk membuat perubahan pada Footer Copyright WordPress default.

Ada beberapa metode umum untuk mengedit footer WordPress: Mengubah pengaturan tema menggunakan Customizer, menggunakan widget footer, edit kode footer.php, atau menggunakan plugin. Metode yang Anda pilih akan tergantung pada tema tertentu yang Anda gunakan dan apa yang paling cocok untuk Anda.

Cara Ke 1: Mengubah Pengaturan Tema Menggunakan Customize

Sebagian besar pengembang tema tahu bahwa Anda akan ingin mengedit footer default mereka. Jadi, mereka biasanya menawarkan opsi bawaan dalam tema untuk membuat perubahan.

Setiap tema berbeda beda. Jadi, pengaturan ini mungkin tersedia di bagian yang berbeda dalam tema.

  1. Masuk ke dasbor WordPress.
  2. Pergi ke Appearance > Customize.
  3. Lihat apakah Anda memiliki opsi Footer. Jika Ya, pilih Footer Bottom Bar. Dari sana, Anda dapat menonaktifkan footer atau memasukkan teks Anda sendiri.
  4. Jika Anda memiliki opsi Footer Copyright. Jika Anda melakukannya, Anda dapat membuat perubahan pada footer ini juga.
Footer Copyright Customize
Footer Copyright Customize

Jika tema Anda tidak memiliki Customize bawaan ini, Anda harus menghapus footer WordPress default menggunakan metode lain. Kami telah menyertakan opsi lain di bawah ini.

Beberapa tema WordPress menggunakan widget untuk menambahkan fitur tertentu, seperti footer. Anda dapat menemukan widget footer Anda dengan pergi ke Widget Penampilan.

Di sebelah kanan, Anda akan menemukan bagian widget footer, Footer. Dari daftar di sebelah kiri, seret dan letakkan widget Teks di bawah Footer. Klik panah bawah lalu tambahkan konten Anda di bidang teks.

Widget Footer
Widget Footer

Footer biasanya berada dalam file template WordPress sebagai footer.php. Anda dapat mengedit file dengan masuk ke Editor Tema Penampilan. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pilih tema tertentu di sudut kanan.
  • Temukan footer.php di bawah File Tema di sisi kanan. Anda dapat menggunakan Crtl+F untuk menemukannya jika mengalami masalah.
  • Temukan kode PHP ini:
get_template_part( 'template-parts/footer/site', 'info' );

kode Footer
  • Ganti kode PHP dengan kode di bawah ini dan ubah ‘add text here’ dengan konten spesifik Anda.
//get_template_part( 'template-parts/footer/site', 'info' );

echo “add text here”;

?>
  • Tekan tombol Perbarui File.
  • Hasil akhir akan terlihat seperti ini:
add text here

Mengedit bagian mana pun dari situs web Anda adalah masalah besar. Galat yang tidak berbahaya dapat menutup sementara seluruh situs web Anda. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat mengedit footer Anda.

1. Menggunakan CSS untuk menyembunyikan tautan.

Salah satu metode menghapus footer melibatkan penambahan cuplikan kode berikut ke editor CSS.

.site-info{display: none;}

Cara ini bekerja hanya dengan menyembunyikan tautan di footer Anda. Namun, menyembunyikan tautan adalah cara umum yang digunakan dalam SEO blackhat untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Google melihat tindakan ini sebagai pelanggaran terhadap pedoman situs webnya dan dapat menghukum situs Anda sebagai akibatnya. Jadi, kami sarankan untuk menghindari metode ini sama sekali.

2. Tidak membaca dokumentasi lisensi.

Tema pihak ketiga mungkin memiliki ketentuan dalam perjanjian lisensi mereka yang dapat membatasi Anda untuk menghapus pemberitahuan hak cipta. Anda akan ingin tim hukum Anda menghubungi pengembang tema dengan pertanyaan atau masalah apa pun.

Mengedit footer situs Anda menghapus salinan yang tidak diinginkan dan membantu Anda membuat tampilan yang disesuaikan yang akan dikenali pengunjung Anda setiap kali mereka bersentuhan dengan situs Anda.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kesalahan “Sorry, This File Type Is Not Permitted for Security Reasons” di WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Nama Domain
Read More

12 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Memilih Nama Domain Yang Tepat untuk usaha Anda sangatlah penting, itu adalah bagaimana audiens Anda akan menemukan dan…