Cara Memperbaiki Kesalahan “Sorry, This File Type Is Not Permitted for Security Reasons” di WordPress

Ethaklik

Jadi Anda hanya mencoba mengunggah file di situs WordPress Anda dan, alih-alih berhasil mengunggah, mendapat pesan kesalahan yang mengatakan “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons”.

Naluri pertamamu mungkin panik. Apakah Anda baru saja hampir mengunggah file yang rusak ke situs Anda? Apakah itu malware? Apakah situs Anda disusupi sekarang? Jangan khawatir. Meskipun pesan ini mungkin tampak tidak menyenangkan, itu hanya berarti bahwa WordPress tidak mendukung jenis file yang Anda coba unggah.

Dalam posting ini, kita akan melihat lebih dekat apa yang menyebabkan pesan kesalahan ini, dan bagaimana Anda dapat mengatasinya.

Apa yang menyebabkan kesalahan “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons” di WordPress?

WordPress membatasi jenis file yang dapat Anda unggah ke situs Anda karena alasan keamanan. Jadi ketika Anda mencoba untuk mengunggah jenis file yang tidak didukung WordPress, Anda akan melihat pesan kesalahan “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons”.

Katakanlah saya mencoba mengunggah file AVIF ke WordPress. AVIF adalah format gambar baru yang menghasilkan gambar terkompresi tanpa mengorbankan kualitas. Meskipun format ini menjanjikan untuk menjadi pengubah permainan dalam kompresi gambar, format ini masih baru dan karenanya bukan format file yang populer.

WordPress tidak mendukung jenis file ini. Jadi jika saya mencoba mengunggah file AVIF, maka saya akan mendapatkan kesalahan “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons”.

Berikut adalah bagaimana tampilannya di editor Gutenberg.

Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons
“Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons”

Jika Anda hanya mengunggah jenis file yang didukung WordPress, maka Anda mungkin tidak pernah melihat pesan kesalahan ini. Mari kita lihat apa jenis file tersebut di bawah ini.

Tipe File yang Diizinkan WordPress

WordPress mendukung berbagai jenis file, termasuk format gambar, video, dokumen, dan audio yang paling umum. Jenis file ini juga dikenal sebagai Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME). Jenis MIME memungkinkan browser untuk mencari tahu jenis file apa yang telah diunggah ke halaman web. Jika Anda mengunggah .png file, misalnya, browser akan dapat menentukan gambar tersebut, dan bukan file video atau audio.

Menurut WordPress Codex, WordPress mendukung pengunggahan jenis file berikut:

KategoriEKSTENSI NAMA FILE
Images.jpg
.jpeg
.png
.gif
.ico
Document.pdf
.doc, .docx
.ppt, .pptx, .pps, .ppsx
.odt
.xls, .xlsx
.psd
Audio.mp3
.m4a
.ogg
.wav
Video.mp4, .m4v
.mov
.wmv
.avi
.mpg
.ogv
.3gp
.3g2

Anda mungkin mencoba mengunggah salah satu jenis file yang diizinkan ini dan masih mendapatkan pesan kesalahan “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons”. Atau Anda mungkin ingin mengunggah tipe berkas yang tidak ada dalam daftar ini.

Dalam kedua kasus, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi atau menghindari pesan kesalahan ini. Mari kita lihat mereka di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kesalahan “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons”

1. Periksa ekstensi jenis file Anda.

Sebelum Anda mulai bermain-main dengan pengaturan WordPress atau file PHP Anda, periksa ekstensi file yang ingin Anda unggah. Mungkin Anda tidak sengaja mengubah ekstensi saat menyimpan file. Jadi alasan Anda melihat pesan kesalahan tidak masalah dengan file wp-config.php atau functions.php Anda — adalah Anda mencoba mengunggah gambar dalam format video.

Contoh di bawah ini menunjukkan bahwa saya mencoba mengunggah file .jpg sebagai file .avi dan mendapatkan pesan kesalahan sebagai hasilnya.

Periksa ekstensi jenis file Anda
Ethaklik

Ini adalah langkah pertama yang mudah: jika ekstensi nama file salah, maka Anda dapat memperbaikinya dan mengunggah file dalam format yang benar. Jika benar, maka Anda dapat bergerak ke langkah berikutnya.

2. Ubah pengaturan jaringan multisite Anda

Jika Anda menjalankan instalasi multisite – jaringan situs yang semuanya berbagi file inti instalasi WordPress yang sama – maka Anda dapat dengan mudah menambahkan jenis file yang lebih diizinkan.

Cukup klik Settings > Network Settings di dasbor Anda, dan gulir ke bawah ke Upload Settings. Kemudian, di bidang input di samping Upload file types, tambahkan ekstensi untuk jenis file yang ingin Anda unggah.

pengaturan jaringan multisite
Ethaklik

Kemudian simpan perubahan Anda. Pengguna di situs mana pun di jaringan Anda sekarang akan diizinkan untuk mengunggah semua jenis file yang tercantum di sini.

Jika Anda menjalankan instalasi WordPress satu situs, maka Anda tidak akan memiliki opsi ini di pengaturan Anda. Jadi, Anda harus mencoba salah satu langkah di bawah ini.

3. Edit file wp-config.php untuk mengunggah jenis file apa pun

Jika Anda ingin mengizinkan setiap dan semua jenis file untuk diunggah ke situs Anda, maka Anda hanya perlu menambahkan satu baris kode ke file wp-config.php Anda.

Ini adalah proses yang relatif sederhana, tetapi sebagai praktik terbaik, Anda harus selalu membuat cadangan file wp-config.php Anda sebelum mengedit. Itu karena bahkan kesalahan kecil dalam file dapat membuat situs Anda tidak dapat diakses.

Setelah Anda membuat salinan file wp-config.php, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengizinkan unggahan jenis file apa pun.

  • Akses File Manager melalui panel kontrol hosting Anda.
  • Buka folder public_html Anda.
  • Cari dan klik kanan file wp-config.php, lalu pilih opsi Edit.
  • Menggulir ke bagian bawah file
  • Gulir ke bawah ke akhir file ke baris yang berbunyi /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */ dan tempelkan baris kode berikut:
define('ALLOW_UNFILTERED_UPLOADS', true);
  • Simpan perubahan Anda dan masuk kembali ke dasbor WordPress Anda. Anda sekarang harus diizinkan untuk mengunggah jenis file apa pun.

Ini adalah solusi yang relatif mudah, tetapi tidak ideal untuk setiap situs web. Jika beberapa pengguna mengunggah file di situs WordPress Anda misalnya, maka Anda mungkin ingin lebih spesifik tentang jenis file mana yang diizinkan. Dalam hal ini, teruslah membaca.

4. Edit fungsi tema Anda.php untuk memodifikasi jenis file yang diizinkan

Jika Anda hanya ingin mengizinkan tipe file tertentu untuk diunggah ke situs Anda, maka Anda bisa menggunakan filter Upload_Mimes Filter.

  • Untuk memulai, buka bagian ‘/wp-content/themes/’ di situs Anda.
  • Edit fungsi.php file tema WordPress Anda.
  • Masukan kode berikut di bagian bawah.
  • Akses File Manager melalui panel kontrol hosting Anda.
  • Buka folder wp-content Anda.
  • Buka folder theme Anda.
  • Temukan dan klik kanan file .php, lalu pilih opsi Edit.
  • Gulir ke bagian bawah file dan tempelkan cuplikan kode berikut.
function cc_mime_types($mimes) {

     

    // New allowed mime types.

  $mimes['svg'] = 'image/svg+xml';

  $mimes['svgz'] = 'image/svg+xml';

  return $mimes;

}

add_filter( 'upload_mimes', 'my_custom_mime_types' );

Perhatikan bahwa ini menambahkan file SVG dan SVGZ. Anda dapat mengubah atau menambahkan jenis MIME ke cuplikan kode ini, bergantung pada jenis file yang ingin Anda unggah.

Meskipun pengguna tingkat lanjut tidak akan mengalami masalah dalam menambahkan kode ke file functions.php atau wp-config.php mereka, para pemula mungkin. Dalam hal ini, mereka dapat menggunakan plugin WordPress.

5. Instal plugin untuk menambahkan lebih banyak jenis file yang diizinkan

Jika Anda memilih untuk tidak mengedit file wp-config.php atau functions.php atau berurusan dengan kode apa pun, Anda dapat menggunakan plugin untuk menambahkan jenis file yang diizinkan di situs Anda. WP Add Mime Types dan File Upload Types by WPForms adalah dua plugin semacam itu. Meskipun keduanya tersedia di direktori resmi WordPress ( dan karenanya gratis ) dan berperingkat tinggi, Jenis Unggahan File lebih ramah bagi pemula. Mari kita lihat cara menggunakannya di bawah ini.

  • Instal dan aktifkan plugin di dasbor WordPress Anda. Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman Plugin.
  • Di bawah Jenis Unggahan File, klik Pengaturan.
  • Centang kotak di samping jenis file yang ingin Anda unggah, atau tambahkan jenis file kustom Anda sendiri.
  • Klik Simpan Pengaturan jika Anda sudah siap.

6. Hubungi penyedia hosting Anda

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas dan masih mendapatkan pesan kesalahan, hubungi penyedia hosting WordPress Anda.

Ada kemungkinan penyedia Anda memiliki batasan yang lebih ketat pada jenis file yang dapat Anda unggah daripada yang dimiliki WordPress secara default. Jika demikian, langkah-langkah di atas tidak akan dapat menyelesaikan error “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons”, tetapi dukungan pelanggan penyedia Anda kemungkinan besar bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Nama Domain
Read More

12 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Memilih Nama Domain Yang Tepat untuk usaha Anda sangatlah penting, itu adalah bagaimana audiens Anda akan menemukan dan…